logo

Cara Memperbaiki Aki Basah Yang Ngedrop atau Rusak

Advertisement

Cara Memperbaiki Aki Basah | Akumulator atau accu, aki adalah alat yg dpt digunakan utk menyimpan sebuah energi (umumnya berupa energi listrik) dlm bentuk energi kimia. Beberapa contoh aki diantaranya adalah baterai dan kapasitor. Didalam standar internasional untuk setiap satu cell aki itu memiliki tegangan sebesar 2 volt. Sehingga aki dengan kapasitas 12 volt akan memiliki 6 cell, sedangkan utk aki berkapasitas 24 volt akan memiliki 12 cell. Aki sendiri termasuk sel sekunder, karean selain dpt menghasilkan arus listrik, aki jg dapat diisi kembali dengan arus listrik atau istilah lainnya adalah di charge.

Secara sederhana, aki adalah sel yg terdiri dari elektrode Pb sebagai anode serta PbO2 sebagai katode dgn elektrolit H2SO4. Dan pada sebuah kendaraan, aki merupakan energi yang digunakan untuk menghidupkan setiap komponen – komponen yang ada pada kendaraan, baik itu kendaraan bermotor atau mobil, seperti misalnya adalah electric starter, klakson, indikator pada speedometer, dan beberapa komponen lainnya. Sehingga ketika sebuah kendaraan tidak memiliki aki, komponen – komponen pada kendaraan tersebut pastinya tidak akan dapat berfungsi. Karena itu lah peranan aki didalam sebuah kendaraan itu sangatlah penting.

Jenis aki itu sendiri terbagi menjadi dua, yaitu aki basah dan aki kering. Dan pada kesempatan hari ini, kami dari admin kelebihanmotor.com ingin coba memberikan ulasan mengenai cara memperbaiki aki basah. Siapa tahu saja diantara anda – anda sekalian ini ada yang sedang mencari – cari informasi tentang hal tersebut, maka dari itu tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk melihat terlebih dulu informasi mengenai cara memperbaiki aki yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan. Siapa tahu saja dari informasi yg akan kami berikan tersebut dpt membantu anda – anda sekalian. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda langsung saja melihat informasinya dibawah ini.

Cara Memperbaiki Aki Basah
Cara Memperbaiki Aki Basah Yang Ngedrop

Untuk dpt memperbaiki aki basah yang ngedrop atau rusak itu sendiri diperlukan beberapa alat dan bahan yang digunakan untuk memperbaiki aki tersebut. Adapun untuk alat dan bahan yang perlu anda persiapkan sebelum anda memperbaiki aki tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Air aki (Zuur)
  • Air hangat
  • Bodrex (obat sakit kepala)
  • Obeng +-

Satu dari keempat bahan yg digunakan untuk memperbaiki aki tersebut adalah bodrex atau obat sakit kepala, hal tersebut tentunya akan membuat anda sedikit merasa aneh. Apakah aki tersebut dpt diobati dengan obat sakit kepala? tentunya hal tersebut tidak ada hubungannya dengan sakit kepala, akan tetapi cara memperbaiki accu basah dengan bodrex itu tergolong cukup ampuh. Dan tidak sedikit orang yang sudah mencobanya dirumah menggunakan bodrex tersebut untuk memperbaiki aki. Hal tersebut dikarenakan oleh reaksi kimia yg terdapat didalam obat bodrex beserta larutan aki yg dpt mereduksi oksidasi dgn demikian aki dpt berfungsi kembali.

Kandungan parasetamol, popifenazon, dan kofein yg terdpt didalam obat sakit kepala itu ternyata bukan hanya dapat menghilangkan rasa sakit pada kepala saja, namun juga dapat memperbaiki aki basah yang rusak. Meskipun hal tersebut tentunya akan tampak atau terdengar aneh bagi anda. Dan untuk anda yang kiranya ingin mengetahui secara lengkap bagaimana cara memperbaiki aki basah dengan bodrex tersebut, maka kita bisa langsung saja melihat cara memperbaiki aki tersebut secara lengkap yang akan coba saya sajikan dibawah ini. Dan anda jg bisa langsung coba mempraktekannya dirumah masing – masing.

Advertisement
  • Bersihkan atau kuras semua air aki yang terdapat di setiap sel – sel aki sampai benar – benar bersih.
  • Setelah itu tuangkan air hangan kedalam setiap sel aki, lakukan hal tersebut kurang lebih sampai 2 atau empat kali pengulangan. Sampai hasil buangan air hangat tersebut menjadi benar – benar bersih.
  • Berikutnya keringkan aki yang telah dibresihkan menggunakan air kurang lebih selama 6 jam atau bisa juga selama 12 jam, semakin lama waktu pengeringannya akan semakin bagus.
  • Selanjutnya isi kembali setiap sel aki dengan air aki zuur sampai batas tengah aki, kemudian pada setiap selnya dimasukan bodrex yang sudah dihaluskan terlebih dulu. Usahakan tumbuk bodrex sampai benar – benar halus agar cepat larut dalam air aki zuur.
  • Setelah itu diamkan terlebih dulu akinya kurang lebih selama  satu hari, dan aki basah milik anda pun sudah siap untuk digunakan kembali.

Sangat mudah sekali bukan untuk cara memperbaiki accu basah dengan bodrex, bagi anda yang sekiranya memiliki aki basah yang rusak dirumah, maka sekarang ini anda sudah dapat memperbaiki aki milik anda tersebut sendiri dengan lebih mudah. Dan dengan ini, selesai sudah untuk informasi mengenai Cara Memperbaiki Aki Basah Yang Ngedrop atau Rusak yg sekiranya kami dapat sajikan kepada anda – anda sekalian, semoga saja dari sedikit informasi yang baru saja kami sampaikan diatas tadi itu dapat memberikan banyak manfaat untuk anda – anda sekalian semuanya. Terlebih lagi untuk anda yg memang sedang mencari informasi tersebut.

Dan bagi anda yang mungkin masih ingin kembali melihat beberapa informasi lainnya lagi yg sudah pernah kami sajikan sebelumnya, maka kami coba sarankan kepada anda – anda sekalian untuk kembali melihat informasi biaya perpanjang SIM yang beberapa waktu lalu baru saja kami bahas untuk anda. Mungkin saja ada diantara anda – anda sekalian ini yg memang sedang mencari – cari informasi tersebut, oleh karena itu tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba kembali melihat informasi yang beberapa waktu lalu itu sudah pernah kami sajikan kepad anda. Atau mungkin juga anda dapat mencoba utk menunggu update informasi terbaru lainnya dari kami.

Save

Advertisement