logo

Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Motor Fairing Secara Lengkap

Advertisement

Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Motor Fairing | Fairing adalah bagian penutup depan pada sepeda motor, biasanya jenis sepeda motor sport yang banyak menggunakan body firing pada bagian depannya. Hal tersebut bertujuan agar aerodinamis dari sepeda motor tersebut lebih tinggi, selain itu juga fairing motor dapat mempermanis penampilan dari sepeda motor tersebut. Seperti contohnya ialah motor honda CB250RR yg dirancang dengan model fairing. Dan tidak sedikit orang yang memiliki jenis motor sport atau laki itu melakukan modifikasi motor dengan memberikan penambahan fairing pada bagian depan motor, supaya motor yang mereka miliki akan lebih terlihat sporty lagi nantinya ketika ditambahkan dengan adanya fairing.

Namun taukah anda fungsi fairing pada motor itu sendiri, fungsi fairing pada motor umumnya untuk menghadang aliran udara yang dilewati motor agar lebih mudah bagi sepeda motor untuk bermanuver. Maka dari itu bentuk dari fairing motor itu sendiri dirancang dengan sudut kurang lebih 45 derajat. Selain untuk memeperlancar saat bermanuver, fungsi fairing lainnya ialah untuk menahan aliran angin atau udara agar tidak mengenai wajah atau kepala pengendara. Atau bisa disebut juga sebagai pelindung, dengan kondisi pengendara yang tidak terlalu banyak terkena angin. Maka pengendara dpt berkendara dengan lebih stabil lagi.

Dan pada kesempatan sekarang ini, kami dari admin kelebihanmotor.com ingin membahas tentang kelebihan dan kekurangan motor fairing, mungkin saja diantara anda-anda sekalian ini ada yang memiliki motor sport. Dan anda memiliki rencana untuk melakukan modifikasi motor dengan menambahkan fairing pada motor anda. Maka dari itu alangkah baiknya apabila anda melihat terlebih dulu informasi kelebihan dan kekurangan fairing pada motor, dimana dengan anda melihat terlebih dulu informasi yang akan kami sajikan hari ini. Maka anda akan memiliki bahan pertimbangan sebelum menambahkan fairing pada motor sport yang anda miliki.

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Fairing

Kelebihan Motor Fairing Secara Lengkap

Kelebihan motor fairing yang pertama ialah motor menjadi lebih aerodinamis, fungsi dari body motor aerodinamis itu sendiri ialah agar motor lebih mudah membelah angin atau udara pada saat dikendarai. Sehingga angin atau udara itu sendiri tidak menghalangi kendaraan saat bermanuver, sehingga kecepatan yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor akan jauh lebih maksimal. Hal tersebut dpt kita lihat dari desain motor balap pada ajang motoGP ataupun superbike, dimana motor yang digunakan untuk balapan pasti menggunakan fairing. Hal tersebut memang bertujuan agar motor dapat bermanuver lebih maksimal pada saat digunakan.

Selain memiliki manfaat untuk membelah angin, keunggulan motor fairing selanjutnya ialah lebih mudah untuk digunakan pd saat menikung. Hal tersebut dikarenakan motor berfairing itu pasti menggunakan jenis stang jepit atau naked stang dengan jarak stang yang jauh dari tanah atau model stangnya yang pendek. Dan hal tersebut pastinya akan lebih memudahkan pengendara untuk menikung, namun posisi menikung yang baik digunakan pada motor fairing adalah memiringkan motor. Bukan dengan cara membelokan stang motor, sehingga kecepatan motor pada saat menikung bisa dilakukan dengan lebih tinggi tanpa harus takut terjatuh dari motor.

Advertisement

Kelebihan motor fairing selanjutnya ialah fairing pada motor tersebut dpt menghalangi terkenanya pengendara dari hembusan angin pada saat berkendara secara langsung seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi. Sehingga secara tidak langsung hal tersebut akan membuat pengendara dapat mengendarai sepeda motor dengan lebih stabil, karena tidak ada hembusan angin yang mengenai pengendara secara langsung. Maka dari itu, para pengguna motor fairing kebanyakan menggunakan gaya bermotor membungkuk. Dan hal tersebut juga menjadikan aerodinamis kendaraan akan semakin bagus, karena tidak ada angin yang menghalangi.

Kekurangan Motor Fairing Secara Lengkap

Dibalik keunggulan motor fairing tentunya terdapat sebuah kekurangan, dan beberapa kekurangan motor fairing itu sendiri ialah pengendara akan merasa kurang nyaman saat berkendara dengan jenis motor ini. Terutama jika pengendara menggunakan gaya membungkuk, dan mengendarai dengan jarak yang cukup jauh. Hal tersebut pasti dapat membuat badan dan tangan pengendara akan lebih cepat merasa pegal. Maka dari itu disarankan kepada para pengguna motor berfairing untuk tidak berkendara dengan gaya membungkuk, terutama ketika anda sedang melakukan perjalanan yang jauh seperti melakukan touring perjalanan ke luar kota.

Kekurangan motor fairing selanjutnya ialah bagian mesin motor akan susah untuk dibersihkan, hal tersebut dikarenakan jenis motor berfairing itu akan tertutup fairing dari sisi depan hingga bagian samping motor. Karena memang desain fairing dirancang seperti itu, sehingga mesin motor akan tertutup oleh fairing. Dan ketika kita akan membersihkan bagian mesin motor pastinya akan sedikit kesulitan, terutma ketika kita ingin membersihkan mesin dengan cara di sikat secara langsung. Maka dari itu, tips membersihkan mesin motor fairing ialah dengan cara disemprot menggunakan air bertekanan tinggi, agar kotoran pada mesin dapat hilang dengan lebih mudah.

Namun bagi anda yang kiranya sudah melakukan cara tersebut kondisi mesin motor masih tetap kotor, maka anda harus melepaskan terlebih dulu fairing pada motor anda. Dan kekurangan motor fairing selanjutnya ialah gorund clearance atau jarak ke tanah menjadi berkurang, hal tersebut dikarenakan memang desain fairing motor yang dirancang menutupi seluruh bagian motor. Mulai dari bagian depan, samping, hingga bawah motor, sehingga secara tidak langsung hal tersebut akan mengurangi jarak terendah ke tanah motor itu sendiri. Sehingga alangkah baiknya jika daerah tempat tinggal anda itu terdapat banyak polisi tidur, maka tidak disarankan bagi anda untuk menggunakan fairing pada motor anda.

Keunggulan Motor Fairing
Kelemahan Motor Fairing
Desain motor lebih aerodinamis Kurang nyaman dikendarai jarak jauh
Mudah digunakan untuk menikung Bagian yang tertutup fairing susah dibersihkan
Performa motor menjadi lebih maksimal
Penampilannya menjadi lebih sporty

Dan kami rasa sudah cukup sekian saja dulu untuk informasi mengenai Kelebihan Dan Kekurangan Motor Fairing Secara Lengkap yg pada kesempatan hari ini kami dapat sajikan kepada anda, semoga saja dari informasi kelebihan dan kekurangan motor fairing yang baru saja kami sajikan diatas tadi itu dapat memberikan banyak manfaat kepada anda-anda sekalian. Dan bagi anda yang kiranya mungkin masih ingin kembali mengetahui beberapa informasi tentang motor lainnya selain informasi kelebihan dan kekurangan motor fairing, maka alangkah baiknya apabila anda mencoba kembali utk melihat informasi tentang motor lainnya lagi dari kami.

Dan untuk informasi lainnya yang dpt anda baca juga kelebihan dan kekurangan rem ABS, mungkin saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yang belum mengetahui kelebihan dan kekurangan rem ABS pada motor. Maka dari itu alangkah baiknya apabila anda mencoba untuk kembali melihat informasi tentang motor yang telah kami sajikan sebelumnya itu, atau bagi anda yang kiranya merasa kurang tertarik dengan informasi tersebut. Maka kami sarankan kepada anda untuk menunggu udpate pembahan informasi tentang motor yang akan terus kami perbarui untuk setiap harinya, sehingga alangkah baiknya apabila lain kali anda kembali berkunjung ke situs kelebihanmotor.com lagi.

Advertisement