logo

Kelebihan dan Kekurangan Motor Yamaha Jupiter Z Mesin 110 cc

Advertisement

Kelebihan Motor Yamaha Jupiter Z – Produk Sepeda Motor Jupiter Z dengan kapasitas Silinder Mesin 110 cc yang dibuat oleh Perusahaan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada tahun 2006 – 2009 silam adalah Jenis Sepeda Motor Yamaha Jupiter Z Gen ke-Tiga karena Versi Pertama Yamaha Jupiter dibuat di tahun 2001 – 2003, Versi Kedua Yamaha Jupiter Z dibuat di tahun 2003 – 2006, Versi Ketiga Yamaha New Jupiter Z dibuat pada tahun 2006 – 2009, Versi Keempat Yamaha New Jupiter Z dibuat pada tahun 2009 – 2012 dan Versi Kelima Yamaha Jupiter Z1 dibuat pada tahun 2012 sampai tahun sekarang.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa Versi Ketiga Gen Motor Yamaha Jupiter Z tahun 2006 – 2009 ini sudah tidak dibuat atau diproduksi dalam Versi Motor Terbaru oleh Pihak PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Indonesia karena Perusahaan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) untuk sekarang ini hanya memproduksi Motor Yamaha Z1 Terbaru untuk di jual di Pasar Indonesia. Oleh karena itu Motor Yamaha Jupiter Z dengan Kapasitas Mesin Silinder sebesar 110 cc ini hanya ada atau tersedia Versi Bekasnya saja di Pasar Indonesia.

Hanya saja perlu kalian ketahui bahwa walaupun Produk Motor Yamaha Jupiter Z Kapasitas Mesin 110 cc tersebut hanya ada Versi Bekasnya saja di Pasar Indonesia, namun sampai saat ini pun masih ada Masyarakat Indonesia yang mencari dan ingin membeli produk Motor Yamaha Jupiter Z Versi (Gen) Ketiga ini. Hal ini dikarenakan Kelebihan Motor Yamaha Jupiter Z yang cukup banyak seperti mempunyai Khualitas Mesin Gahar untuk tarakan Motor Bebek Kelas 110 cc dan memiliki tampilan Desain Bodi yang cukup terlihat Sporty, Elegan dan terlihat bagus membuat banyak Masyarakat Indonesia yang ingin membelinya.

kelebihan dan kekurangan motor jupiter z

Oleh karena itu dikesempatan ini saya selaku penulis akan menuliskan secara lebih detail dan lengkap tentang Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Motor Yamaha Jupiter Z dengan Kapasitas Mesin Silinder 110 cc yang dibuat oleh Perusahaan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) karena saya sangat meyakini bahwa diluar sana masih ada Masyarakat Indonesia yang ingin membeli dan membutuhkan informasi tentang Produk Motor Bebek Yamaha Jupiter Z Kelas 110 cc ini sebelum mereka membeli Yamaha Jupiter Z Bekas Gen Ketiga.

Kelebihan Motor Yamaha Jupiter Z Tahun 2006 – 2009

Untuk ulasan pertama tentang Kelebihan dan Keunggulan Motor Yamaha Jupiter Z ini tentunya datang dari khualitas Mesin Yamaha Jupiter Z tersebut karena Kapasitas Mesin Yamaha Jupiter Z sudah cukup gahar untuk takaran Jenis Motor Bebek Kelas 110 cc. Hal ini tlah dibuktikan dengan Tipe Mesin 4 Langkah, SOHC, 2 Klep Berpendingin Udara dengan Silinder Tunggal yang disematkan didalam Yamaha Jupiter Z Versi Ketiga ini, lalu untuk Volume Silinder Mesin tentunya sebesar 110 cc dengan didukung oleh besaran Diameter x Langkah sebesar 51 mm x 54 mm.

Advertisement

Kapasitas Mesin Yamaha Jupiter Z tersebut mampu mengeluarkan Tenaga Kuda secara Maksimal sebesar 9.0 PS per putaran 8.000 rpm dengan Kapasitas Torsi secara Maksimum sebesar 9.2 Nm per putaran 5.000 rom sehingga sudah sangat cukup mudah sangat melumat medan jalanan yang ada di Indonesia baik itu Medan Jalan Menanjak, Medan Jalan Menikung dan Medan Jalan Menurun. Adapun Tipe Transmisi nya telah menggunakan Tipe Rotasi GIGI dengan percepatan 4 Kecepatan yakni N – 1 – 2 – 3 – 4 – N dan mempunyai Tipe Starter Motor Starter dan Engkol Starter yang sangat memudahkan pemilik dan pengguna Motor Yamaha Jupiter Z tahun 2006 – 2009 ini.

Lalu Kelebihan Motor Yamaha Jupiter Z selanjutnya ada dibagian Tampilan dan Desain Bodi Yamaha Jupiter Z karena tampilannya sudah cukup terlihat Sporty, Garang dan Elegan yang sangat cocok sekali jika digunakan oleh Kaum Pria dari berbagai Golongan baik Anak Muda, Orang Dewasa dan Orang Tua. Untuk Dimensi Motor Yamaha Jupiter Z dibuat dengan ukuran Panjang Keseluruhan sebesar 1.910 mm x Lebar Keseluruhan sebesar 675 mm x Tinggi Keseluruhan sebesar 1.040 mm dengan Jarak Sumbu Roda sebesar 1.225 mm dan Berat Isi Motor seberat 97 Kg yang sudah cukup ringan, nyaman dan mudah saat digunakan untuk bermanuver di Jalanan Pedesaan dan Jalanan Kota – Kota besar yang memiliki tingkat Volume Kendaraan yang tinggi dan rawan macet.

kelebihan motor yamaha jupiter z

Sedangkan Kelebihan Motor Yamaha Jupiter Z yang lain ialah sudah cukup irit dan hemat pemakaian Bahan Bakar Motor (BBM) nya dengan Kapasitas Bahan Bakar Motor sebesar 4.5 Liter. Mungkin Pemakaian Bahan Bakar Motor Yamaha Jupiter Z yang Irit dan Hemat tersebut sangat disadari oleh pihak Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) bahwa mereka harus bisa bersaing dengan Jenis Motor Bebek Honda Supra X yang dibuat oleh Perusahaan Astra Honda Motor (AHM) Indonesia karena Produk Motor Honda Supra X tersebut sudah sangat terkenal dan dikenal oleh banyak Masyarakat Indonesia sebagai Rajanya Motor Bebek yang Irit dan Hemat Bahan Bakar Motor (BBM) nya.

Kekurangan Motor Yamaha Jupiter Z 110 cc Yang Ada

Kemudian setelah kalian mengetahui beberapa Kelebihan Motor Yamaha Jupiter Z Tahun 2006 – 2009 yang sudah dijelaskan diatas maka sekarang sudah saatnya bagi kalian sebagai pembaca untuk mengetahui sisi Kekurangan Motor Jupiter Z berkapasitas 110 cc yang dibuat tahun 2006 – 2009 oleh pihak PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing karena dengan mengetahui tentang Kelebihan dan Kelemahan Motor Yamaha Jupiter Z maka anda bisa mengenal lebih dalam dan detail akan Jenis Motor Bebek Yamaha Jupiter Z sehingga kalian tidak akan merasa menyesal setelah membeli versi bekasnya.

Adapun untuk Kekurangan Motor Yamaha Jupiter Z yang pertama ialah hanya ada Versi Bekas karena sudah tidak diproduksi Versi Terbarunya oleh pihak PT. YIMM Indonesia sehingga kalian sebagai calon pembeli harus benar – benar teliti dan berhati – hati saat akan membeli Yamaha Jupiter Z Bekas, karena yang namanya bekas pasti terdapat resiko bahwa Kondisi Motor Jupiter Z tersebut dalam keadaan Rusak ataupun Tidak Lengkap Surat – Suratnya. Kekurangan Yamaha Jupiter Z Kedua ialah masih tetap kalah irit dan hemat Bahan Bakar Motor (BBM) dengan produk Motor Honda Supra X dan Sepeda Motor Honda Blade 125 Fi buatan PT. Astra Honda Motor (AHM).

Kelemahan Motor Yamaha Jupiter Z Kapasitas Mesin 110 cc selanjutnya adalah memiliki Getaran Mesin yang cukup tidak nyaman, tampilan dan suara Knalpot Yamaha Jupiter Z ini pun masih kurang enak didengar. Lalu Kelemahan Motor Jupiter Z lainnya masih memakai Rem Belakang Berjenis Tromol yang tentunya masih kurang pas dan cocok, jika melihat Khualitas Mesin Yamaha Jupiter Z yang sudah cukup Gahar untuk takaran Motor Bebek Yamaha Kelas 110 cc. Lalu Lampu Belakang Yamaha Jupiter Z juga rawan koclak, saat Motor Yamaha Jupiter Z sering digunakan di Jalanan yang Bergelombang atau Berlubang.

Spesifikasi Motor Yamaha Jupiter Z 110 cc Secara Lengkap

Desain Bodi
Panjang 1.910 mm
Lebar 675 mm
Tinggi 1.040 mm
Berat 97 Kg
Jarak Sumbu Roda 1.225 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 130 mm
Ukuran Tangki Bahan Bakar 4.5 Liter
Dapur Pacu (Mesin)
Tipe Mesin 4 Langkah, SOHC, 2 Klep (Berpendingin Udara)
Volume Silinder 110 cc
Bore X Stroke 51.0 x 54.0 mm
Kompresi 9,3 : 1
Daya Maksimal 9.0 PS per putaran 8.000 rpm
Torsi Maksimal 9.2 Nm per putaran 5.000 rpm
Sistem Pelumasan Basah
Kaburator Mikuni VM 17 x 1,
Sistem Starter Motor Starter & Starter Engkol
Sistem Transmisi Rotasi dengan 4 Gigi Percepatan : N – 1 – 2 – 3 – 4 – N
Suspensi dan Pengereman
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Lengan ayun dengan suspensi ganda
Rem Bagian Depan Cakram Tunggal
Rem Bagian Belakang Tromol
Ban Depan 70/90 – 17,38P (dengan ban dalam)
Ban Belakang 80/90 – 17,44P (dengan ban dalam)
Busi dan Baterai
Tipe Pengapian DC CDI
Baterai GM5Z – 3B / YB 5L-B 12 Volt 5,0 Ah
Busi NGK C6-HSA / DENSO U 20 FS-U

Ulasan tentang Spesifikasi, Kekurangan dan Kelebihan Motor Yamaha Jupiter Z Tahun 2006 – 2009 dengan Kapasitas Mesin sebesar 110 cc diatas tentunya sudah dapat dipercaya dan sudah bisa diambil sebagai pedoman referensi kalian sebelum membeli Jenis Motor Bebek Yamaha Jupiter Z Bekas di Pasar Indonesia karena informasi atau ulasan tersebut telah saya tulis ambil dari Situs Website Resmi Perusahaan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing yang ada di Indonesia sehingga sudah tentu sudah dapat dipercaya.

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini tentang Kelebihan dan Kekurangan Motor Jupiter Z Tahun 2006 – 2009 dengan Kapasitas Mesin sebesar 110 cc. Semoga saja ulasan ini dapat bermanfaat bagi kalian para pembaca yang mempunyai niat ingin membeli salah satu Jenis Motor Bebek Jupiter Z ini dan sekali lagi saya ingatkan bahwa kalian harus benar – benar teliti dan berhati – hati saat kana membeli Motor Yamaha Jupiter Z Bekas karena jangan sampai kalian membeli produk Motor Jupiter Z Bekas dalam keadaan yang rusak ataupun tidak ada Surat – Surat Kepemilikan Motor yang lengkap dan sah.

Advertisement