logo

Apa Itu dan Kelebihan Teknologi ACG Starter Pada Motor Honda

Advertisement

Kelebihan Teknologi ACG Starter – Di pertemuan sebelumnya Penulis telah membahas lengkap tentang Apa Itu Teknologi eSP Pada Sepeda Motor Astra Honda Motor (AHM) Indonesia, maka sekarang tiba saatnya bagi Penulis secara bergantian untuk membahas secara lengkap pula tentang Apa Itu Teknologi ACG Starter Pada Motor Honda. Hal itu dikarenakan informasi mengenai Teknologi ACG Starter (Alternating Current Generator), Teknologi eSP (Enhanced Smart Power), Teknologi CBS (Combi Brake System) dan Teknologi ISS (Idling Stop System) Pada Motor Honda Indonesia, informasinya sering dicari oleh Para Pengguna Sepeda Motor Honda.

Untuk itu dikarenakan dipertemuan sebelumnya Penulis telah menjelaskan Ketiga Teknologi Motor Honda Terbaru seperti Teknologi eSP, Teknologi CBS dan Teknologi ISS secara lebih lengkap, maka sekarang ini Penulis akan menjelaskan tentang Teknologi ACG Starter secara lengkap pula. Mungkin langsung saja bahwa didalam Pengertian Teknologi ACG Starter Pada Motor Honda ini adalah salah satu Teknologi (Fitur) Modern, Terbaru dan Canggih yg diperkenalkan oleh Perusahaan Astra Motor Honda (AHM) yang telah disematkan didalam Jenis Motor Buatan Perusahaan AHM Terbaru yang dipasarkan di Pasar Indonesia.

Teknologi ACG Starter Pada Motor Honda ini pertama kali diaplikasikan didalam Jenis Motor Honda PCX 125, namun saat ini bisa kalian temukan juga didalam Produk Sepeda Motor Honda Vario Techno 125 ISS dan Honda Vario 150 eSP ISS. Dan perlu kalian ketahui juga bahwa Perbedaan Antara ACG Starter dengan Starter Konvensional yang paling umum ialah ada dibagian Suara ketika menghidupkan Motor karena ACG Starter akan lebih halus dan dapat menghilangkan suara Bletakk, tetapi Starter Konvensional akan menimbulkan Bunyi Hendakan yang lebih kasar (keras) ketika pengguna menghidupkan Mesin Sepeda Motor Matic Honda.

Keunggulan dan Kelebihan Teknologi ACG Starter Secara Lengkap

keunggulan dan kelebihan teknologi acg starter

Setelah kalian cukup memahami tentang Apa Itu Teknologi ACG Starter dan Pengertian Teknologi AGC Starter yang telah dijelaskan diatas, maka tiba saatnya bagi kalian Para Pembaca dan Pengguna Sepeda Motor Honda untuk mengetahui tentang Keunggulan – Keunggulan Teknologi ACG Starter Pada Sepeda Motor Honda ini. Dan dibawah ini telah dijelaskan secara lebih rinci mengenai Kelebihan Teknologi ACG Starter Pada Motor Astra Honda Motor (AHM) yang antara lain :

1. Mengurangi Bunyi dan Getaran Pada Sepeda Motor Honda saat akan menyalakan Mesin Motor, atau dalam hal ini bisa disimpulkan bahwa tidak akan ada suara Bletakk saat kalian menghidupkan Mesin Motor Honda.

2. Teknologi Alternating Current Generator (ACG) Starter Pada Motor Honda ini pun ternyata dapat mengurangi Konsumsi BBM atau dalam hal ini dapat menghemat pemakaian Konsumsi BBM karena terdapat Sistem Decompression didalam Teknologi ACG Starter yang dapat mempermudah kinerja Piston.

3. Dapat menjamin perawatan Sepeda Motor karena didalam Teknologi ACG Starter ini tidak memakai Brush yang biasanya terdapat didalam Dinamo Biasa atau di Starter Sepeda Motor Biasa. Selain itu Kelebihan Teknologi ACG Starter ini pun telah memakai ECU yang gabung dg Fuel Injection sehingga akan memaksimalkan kinerja dan kemampuan ECU.

Advertisement

Kekurangan Teknologi ACG Starter Yg Ada

Kemudian didalam Kelemahan Teknologi ACG Starter Pada Sepeda Motor Honda pada dasarnya belum banyak keluhan, tetapi dengan adanya ACG Starter ini maka Aki Motor akan lebih bekerja lebih ekstra sehingga umur aki’nya lebih pendek dari Sepeda Motor Honda yang belum memakai Teknologi ACG ini. Selain itu Sepeda Motor Matic Honda yang telah diaplikasikan memakai Teknologi ACG Starter dan Teknologi Mesin eSP maka sudah tentu harganya lebih mahal, baik itu harga terbaru dan harga bekasnya jika dibandingkan dengan Produk Sepeda Motor Honda yang belum menggunakan Teknologi eSP dan Teknologi ACG Starter.

Lalu sebagai tambahan informasi saja agar kalian bisa lebih memahami tentang Teknologi ACG Starter Pada Motor Honda ini, bahwa didalam Cara Kerja Teknologi ACG Starter ketika mesin motor dinyalakan maka Arus Listrik akan mengalur melalui Stator yg dalam hal ini berlaku sebagai Elektromagnet (Magnet Listrik). Sesaat itu Mesin yang telah dinyalakan maka secara Otomatis Arus Listrik tersebut akan langsung dialirkan menuju ke FET Circuit yg ada didalam ECM (Electronic Control Module), yang nantinya dibagi secara merata ke 3 Hall. Setelah itu Stator yg telah diubah menjadi Elektromagnet (Medan Magnet) akan bertemu dg Magnet Flywheel.

Pertemuan antara kedua Magnet ini lah yang dapat menyebabkan Magnet Flywheel dapat bergerak, dan pada akhirnya dapat menggerakkan piston yg telah terhubung langsung untuk menyalakan Mesin Sepeda Motor. Setelah itu ketika Sepeda Motor sudah dalam kondisi berjalan, maka secara otomatis ECM / ECU akan memutus tegangan Listrik ke Stator dan beralih fungsi menjadi suatu Generator AC (Arus Listrik Bolak Balik). Dan Generator AC inilah yang nantinya dapat mengubah Arus Listrik menjadi DC (Arus Listrik Searah) untuk mengisi Aki dan mendukung kinerja Teknologi ACG Starter didalam Sepeda Motor Honda.

Advertisement

Mungkin seperti itulah pembahasan tentang Kelebihan Teknologi ACG Starter dan Fungsi Teknologi ACG Starter yang telah dibahas secara lebih detail. Semoga saja apa yang telah dijelaskan secara detail disini dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian Para Pembaca dan Pengguna Sepeda Motor Astra Honda Motor (AHM) di Indonesia karena tidak bisa dipungkiri bahwa di Pasar Indonesia untuk sekarang ini, produk – produk Sepeda Motor Matic buatan Astra Honda Motor (AHM) sedang merajai di kelas Motor Matic sehingga sudah tentu diluar sana banyak Masyarakat Indonesia yang mencari dan membutuhkan ulasan mengenai Teknologi ACG Starter ini.

Advertisement