logo

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Rem ABS Pada Motor

Advertisement

Kelebihan dan Kekurangan Rem ABS Pada Motor | Pengertian rem ABS (Anti Lock Braking System) adalah sebuah sistem pengereman yg terdapat pada kendaraan utk menghentikan penguncian pada roda saat terjadi pengereman yang mendadak atau terlalu keras. Sistem pengereman tambahan ini biasanya lebih banyak digunakan untuk kendaraan roda empat atau mobil, namun sekarang ini juga sudah mulai diterapkan ke dalam jenis kendaraan roda dua. Salah satu dari motor yang sudah menggunakan sistem rem ABS ini adalah motor kawasaki ninja 650, dimana motor kawasaki yang memiliki kapasitas mesin tinggi ini telah dilengkapi dengan adanya sistem rem tambahan tersebut.

Penggunaan sistem rem tambahan ABS ini merupakan pengadopsian dari teknologi rem yang digunakan oleh pesawat. Dimana hal tersebut di adopsi dengan tujuan untuk lebih memperaman para pengguna kendaraan bermotor atau mobil, karena pada saat pengendara melakukan pengereman secara mendadak atau melakukan pengereman dengan sangat keras. Maka secara otomatis roda akan langsung berhenti, dan efek dari roda yg dalam keadaan kecepatan tinggi langsung berhenti itu akan menjadikan kendaraan sulit utk dikontrol atau dikendalikan. Bahkan kendaraan dapat terpental atau meliuk-liuk secara bebas dijalan.

Dan pada kesempatan hari ini, selain kami memberikan pengertian rem ABS itu sendiri, kami juga akan memberikan informasi tentang kelebihan dan kelemahan rem ABS kepada anda-anda sekalian. Sehingga nantinya anda akan mengetahui apa saja yang menjadi kelebihan rem ABS dan apa saja kelemahan rem ABS, karena dibalik sebuah teknologi pastinya terdapat sebuah kelebihan dan kekurangan. Dan karena teknologi rem ABS ini akan mulai diterapkan kedalam kendaraan bermotor, maka alangkah baiknya apabila para pengguna sepeda motor mulai mencari tahu pengertian rem ABS, cara kerja rem ABS pada motor, dan apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangannya.
kelemahan rem abs pada motor

Inilah Kelebihan Rem ABS Pada Motor

Bagi pengguna sepeda motor non ABS, pada saat melaju dengan kecepatan tinggi akan dpt tetap melaju. Hal tersebut bukan karena sistem pada kendaraan bermotornya yg tidak bekerja, melainkan hal tersebut efek dari gaya sentrifugal yg memberikan dorongan terhadap benda yg sedang meluncur dengan cepat. Semakin berat dan cepat kendaraan tersebut melaju, maka gaya sentrifugal yang dihasilkan juga akan semakin besar. Efek dari terlalu besarnya gaya sentrifugal yg dihasilkan tersebut akan membuat kendaraan tetap berjalan meskipun rodanya sudah berhenti, terlebih lagi jika dilakukan dalam kondisi jalan yg licin atau basah.

Pastinya hal tersebut dpt membahayakan si pengendara itu sendiri, apabila kendaraa tersebut slip lurus ke depan mungkin tidak akan ada masalah. Namun apabila kendaraan jadi hilang kendali atau meliuk – liuk dengan arah yang tidak menentu, pastinya hal tersebut akan membahayakan si pengendara. Dan disitulah fungsi rem ABS bagi kendaraan, karena cara kerja rem ABS itu sendiri tidak langsung mencengkram roda kendaraan pada saat pedal rem itu ditekan secara keseluruhan. Fungsi rem ABS ini yg membuat suplay rem hidrolik yg menuju ke piston rem bekerja secara perlahan tanpa langsung mencengkram roda dan membuat roda langsung berhenti.

Cara kerja rem ABS pada motor ini sendiri adalah sensor sistem ABS ini akan mendeteksi terjadinya sebuah penguncian terhadap roda, dan secara otomatis sensor akan mengirimkan sebuah sinyal ke modulator yg kemudian berfungsi utk memerintahkan piston rem pada roda tersebut agar mengendur. Dan pada saat penguncian pada roda sudah mulai berkurang, maka tekanan terhadap piston rem tersebut akan kembali ditingkatkan. Secara teknikal, cara kerja rem ABS ini sendiri seperti kita sedang melakukan settingan terhadap rem dengan cara mengocok pedal rem. Sehingga kendaraan dengan sistem rem ABS ini tidak akan langsung berhenti pada saat pedal rem ditekan secara penuh.

Advertisement

Kekurangan Rem ABS Pada Motor Secara Lengkap

Dibalik keunggulan rem ABS pastinya terdapat sebuah kekurangan, dan beberapa kekurangan rem ABS pada motor diantaranya adalah rem ABS ini tidak dapat digunakan untuk pengereman dengan jarak dekat. Hal tersebut dikarenakan sistem rem ABS ini bekerja secara perlahan pada saat melakukan pengereman, sehingga usahakan jika pengendara dengan adanya sistem rem ABS di kendaraannya tersebut tidak melakukan pengereman dengan jarak yang dekat. Karena pengereman sistem rem ini tidak dapat bekerja secara mendadak, al hasil kendaraan tersebut akan menabrak kendaraan atau benda didepannya jika melakukan pengereman dari jarak dekat.

Selain itu, kelemahan rem ABS pada motor lainnya ialah rem ABS ini tidak dapat bekerja secara optimal pada beberapa kondisi yg diantaranya adalah kondisi jalanan yang tidak rata, kemudian pada saat kondisi rem basah atau terkena air. Menurut penuturan beberapa sumber yg telah menggunakan sistem rem ABS pada kendaraannya, terutama untuk kendaraan bermotor. Sistem rem ABS itu tidak dapat bekerja optimal pada kondisi tersebut, sehingga alangkah baiknya bagi para pengguna sepeda motor dengan sistem rem ABS ini harus lebih berhati – hati ketika melewati jalan yg tidak rata atau dalam kondisi hujan yg menjadikan rem basah.

Keunggulan Rem ABS Pada Motor
Kelemahan Rem ABS Pada Motor
Dapat melakukan pengereman lebih aman Tidak dpt melakukan pengereman dari jarak dekat
Kendaraan akan lebih stabil saat pedal rem ditekan penuh Kurang optimal pada saat kondisi jalan tidak rata
Kurang optimal pada saat sensor ABS terkena air atau basah

Dan kami rasa cukup sekian saja dulu mungkin informasi tentang Inilah Kelebihan dan Kekurangan Rem ABS Pada Motor yg pada kesempatan hari ini dpt disajikan oleh kami, semoga saja dari informasi keunggulan dan kelemahan rem ABS pada motor tersebut dpt menambah pengetahuan anda seputar teknologi kendaraan yang sekarang ini sudah semakin berkembang. Dengan kita selalu mengikuti update teknologi pada kendaraan yg terus berkembang ini, maka kita akan menjadi lebih tahu bagaimana cara untuk memanfaatkan teknologi tersebut secara optimal pada kendaraan tersebut. Karena tanpa mengetahui secara lengkap cara kerja teknologi tersebut, pastinya kita tidak dapat memanfaatkannya secara optimal.

Untuk anda yang sekiranya mungkin masih ingin kembali mengetahui beberapa informasi seputar kendaraan bermotor lainnya, maka anda dapat mencoba untuk baca juga cara bayar pajak motor yg telah kami sajikan beberapa waktu lalu. Siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini ada yang belum mengetahui bagaimana cara membayar pajak motor yang benar. Oleh karena itu, alangkah baiknya apabila anda mencoba untuk kembali melihat informasi sepeda motor lainnya yang sudah pernah kami sajikan sebelumnya. Atau mungkin jg anda dapat mencoba utk kembali melihat-lihat informasi sepeda motor lainnya dari kami lagi, mungkin saja salah satu diantaranya akan ada yg pas dengan yg anda cari.

Advertisement

Advertisement